Sleeper Bus Vietnam Dengan Posisi Kursi Tidur

Sleeper Bus Vietnam

Sleeper Bus Vietnam

Biasanya jika kita mengendarai bus malam maka posisi kita adalah duduk seperti pada umumnya di sepanjang perjalanan hingga sampai di tempat tujuan. Di Vietnam ini terdapat bus malam dengan posisi 1/2 tidur, para penumpang bus malam tersebut mendapat kursi yang sandaran punggungnya agak ke belakang. Jadi posisi duduk bisa diatur sedemikian rupa hingga kemiringan kurang lebih 45 derajat.

Bus malam kursi tidur ini lebih banyak kita temukan di Vietnam Tengah dan Vietnam Selatan. Dalam 1 bus berisi 38 penumpang, dibagi level 1 di bawah dan level 2 di atas. Tiap level 1 deret ke samping terdiri dari 3 tempat tidur, begitu seterusnya ke belakang dan di level 2 juga sama. Bagi penumpang yang membawa tas besar bisa meletakkannya di dalam bagasi bus di bagian bawah.

Seperti pengalaman kami yang pernah mencoba bus malam dalam perjalanan dari kota Nha Trang ke Hoi An yaitu dari Vietnam Selatan ke Vietnam Tengah. Pertama kali kami merasa heran, bagaimana nanti rasanya duduk di dalam bus tersebut, apakah bisa nyaman?  Mengingat kami juga butuh istirahat malam yang cukup agar besok kita bisa mengikuti jadwal perjalanan selanjutnya.

Pertama-tama saat akan masuk ke dalam bus , kita akan dibukakan tas kresek plastik oleh petugas bus yang gunanya untuk tempat menyimpan alas kaki yang kita gunakan, jadi kita diharuskan masuk ke dalam bus tanpa alas kaki , tetapi kaos kaki masih diperbolehkan. Lalu tas kresek yang berisi sepatu atau sandal tersebut kita bawa masing-masing menuju ke tempat duduk yang telah ditentukan. Tempat duduk tersebut posisinya 1/2 tidur. Tiap tempat duduk terdapat sebuah bantal kecil yang terpasang di bagian kepala kursi, selain itu kita juga diberi selimut serta sabuk pengaman seperti safety belt di dalam mobil. Di bagian depan tiap kursi terdapat meja kecil untuk tempat meletakkan minuman. Begitulah kira-kira gambaran mengenai bus malam tersebut.

Saat bus mulai jalan, kami coba untuk bisa duduk senyaman mungkin agar bisa beristirahat malam dan akhirnya kami berhasil. Ternyata cukup nyaman, dan jika dibandingkan dengan posisi duduk maka posisi 1/2 tidur ini lebih nyaman. AC di dalam bus tidak terlalu dingin dan cenderung sejuk. Panjang kursi untuk ukuran orang Asia pada umumnya cukup. Hanya saja bagi anda yang belum pernah mencoba bus ini diharap berhati-hati jika ingin duduk di level 1, jangan sampai kepala anda terbentur kursi tidur di atasnya. Dan jika kebagian kursi di level 2 hati-hatilah jika akan naik dan turun karena tangga yang tersedia berukuran kecil. Pada pagi hari apabila anda ingin berada di posisi duduk, maka posisi kursi bisa diatur agar lebih tegak mendekati posisi duduk.

Bagaimana dengan gambaran sekilas tersebut di atas, apakah anda tertarik untuk mencobanya? Sungguh merupakan pengalaman yang harus anda coba. Silahkan merasakan bedanya jika anda sedang berlibur atau berada di Vietnam, beristirahat menginap di dalam bus malam dengan posisi 1/2 tidur.